Kamis, 10 Maret 2022

Mau Kuliah? Cek Dulu Akreditasi Prodi Pilihan Mu

        Akeditasi adalah suatu usaha untuk meningkatkan kualitas suatu pendidikan khusus nya di Indonesia, untuk melamar kerja khususnya melamar sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau sering disebut perekrutan cpns baik tenaga teknis maupun fungsional, maka cara menyeleksi mana yang diterima dan mana yang tidak dengan merangking siapa yang rangking atas dia yang diterima (idealnya), namun jika nilai sama maka akan dilihat peringkat IPK atau terkadang akreditasi Program Studi (prodi) dari mana asalnya saat lulus atau juga peringkat akreditasi Perguruan Tingginya (Institusi), maka penting mengetahui cara mengecek akreditasi.

        Semua Program Studi dan Intitusi (Perguruan Tinggi) wajib untuk terakreditasi karena ijazah lulusan harus terakreditasi menurut peraturan kemenristek DIKTI yang masih berlaku hingga saat ini ( November 2021), karena ijazah dikeluarkan sebelum terakreditasi dianggap tidak sah. Proses Akreditasi berguna untuk standarisasi pendidikan tinggi yang ada, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas pada perguruan tinggi dan tentu lulusannya.

        Tentu para calon mahasiswa juga akan memilih kampus-kampus yang terakreditasi, semakin baik akreditasi semakin baik secara umum, peringkat dahulu adalah akreditasi A, B atau C namun sekarang jika SK nya baru maka akreditasi Unggul, Baik Sekali, atau Baik selain itu maka tidak terakreditasi. Semakin akreditasi Unggul atau A apalagi kampus vaforit maka akan banyak peminat dan saingan ketat, apalagi sekolah kedinasan maka peminat akan banyak dan bersaing. Bagaimana dengan kampus swasta yang akreditasinya pas-pasan, bagi mereka yang tidak diterima di kampus favorit atau negri anda dapat memilih kampus swasta, baik yang terkenal maupun yang biasa saja, dari peminat banyak hingga sepe peminat, tentu jika terakreditasi akan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

        Begini cara mengecek peringkat akreditasi saat ini agar anda calon mahasiswa agar dapat memilih dengan tepat dimana harus kuliah, meski pekerjaan tidak ditentukan dimana kita kuliah namun dimana kita kuliah kadang menjadi penilaian tempat kerja apalagi sebagai ASN, atau pekerjaan yang berhubungan dengan program pemerintah, maka status akreditasi diperhatikan. Cara pertama adalah mengunjungi situs BAN-PT di www.banpt.or.id pilih menu data akreditasi terkini cari nama perguruan tinggi dan prodi yang akan di lihat maka akan muncul peringkat akreditasi terkini.

        Setelah melakukan cara mengecek akreditasi, perlu di garis bawahi jika nomor akreditasi ada kata Ak seperti …/SK/BANPT/Ak-PKP/S/…../202…   perlu berhati-hati karena itu akreditasi sementara dan belum valid, belum berlaku 5 tahun, sedangkan jika sudah keluar nilai sebenarnya jenis nomornya ada kata – kata AKRED  misal ……../SK/BAN-PT/Akred/S/II/2021. ini untuk aturan saat ini, ada kemungkinan peraturan meyesuaikan kebijakan pemerintah dan pemangku kepentingan.

        Kecuali peringkat Ungul tau juga A maka nilai tidak jauh-jauh dari itu apalagi kampus yang sudah lama dan berpengalaman apalagi yang vaforit, perlu berhati-hati jika peringkat C atau Baik dan masih proses Ak ada nomor Sk nya ada kata-kata Ak hal itu proses masih berlangsung dan belum visitasi lapangan (AL) sehingga masih ada kemungkinan berubah dalam waktu dekat. Sekian tips cara mengecek akreditasi kampus atau akreditasi perguruan tinggi dan programstudi, semoga bermanfaat bagi pembaca dan kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar