Selasa, 29 Maret 2022

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Hingga 3000

 Cara Meningkatkan visitor blog


Halo sabat politea, terutama bagi bloger atau internet marketer atau juga profesional atau para wira usahawan yang memiliki blog / website pribadi atau website perusahaan untuk memperkenalkan produk atau menambah citra baik sebagai sarana komunikasi dengan publik. Blog atau website tentu butuh visitor / pengunjung karena apalah arti website jika tidak ada yang mengunjungi, berapasih idealnya setiap hari pengunjung blog kita, tentu itu semua sesuai dengan target masing-masing, dan yang pasti semakin banyak visitor semakin membanggakan tentunya.

Para pekerja online khususnya para bloger atau juga pakar SEO, atau pemilik website atau blog pada umumnya hampir selalu mencari cara bagaimana agar visitor blog stabil dan banyak, untuk blog blog baru dengan artikel minim kurang dari 25 artikel (setiap artikel minimal 1800 kata), terkadang sehari blog seumur jagung sehari, seminggi hingga 3 bulan terkadang visitor 0, 1, 2, 3 hingga 25 jika di bagikan ke media sosial kemungkinan hingga 100 atau lebih tetapi visitor unik yang dicari khususnya bagi yang berafiliasi dengan periklanan google. Jika sudah terindeks di google dan ada beberapa yang menduduki one page (halaman pertama dalam mesin pencari) baik itu google, bing, yahoo atau mesin pencari lainnya maka visitor harian dapat stabil sekitar 100 visitor jika umur blog sudah 6 bulan, namun semua itu bukan angka pasti karena persaingan di dunia online selalu dinamis sehingga kita perlu cara memenangkan kompetisi tersebut, sehingga perlu dibahas bagaimana cara mendapat 3000 visitor setiap hari dan stabil baik dari SEO atau cara manual lainnya yang tidak melanggar kebijakan umum seperti google untuk bekerjasama di adsense.

Cara pertama mendapat visitor yang lazim digunakan para bloger yang sudah faham tentang mesin pencari adalah dengan cara SEO (search Engine Optimasi), sebenarnya dengan SEO ini saja kita sudah dapat peluang mendapat visitor 3000 perhari, namun pertanyaannya apakah sanggup menggunakan teknik SEO ini dengan baik, hehe … sebaiknya yang belum faham apa itu SEO dan bagaimana SEO itu dijalankan paragraph berikutnya akan menjelasan sedikit tentang itu. 

SEO (search Engine Optimasi) menurut Hernawati (2013) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dan bertujuan untuk meningkatkan Jumlah juga kualitas visitor (traffic) kunjungan melalui mesin pencari munuju situs web / blog yang diinginkan caranya dengan menggunakan algoritma mesin pencari (google, yahoo, bing dan lainnya) di internet yang sering disebut rangking page (halaman). Yang kedua menurut setiawan (2011) SEO adalah teknik yang digunakan dengan cara merekayasa bertujuan supaya search engine menampilkan website / blog kita di page one (halam pertama), sebagai upaya mencapai target visitor yang kita targetkan. Sehingga dari beberapa pengertian tersebut SEO sendiri adalah sebuah terjemahan dari suatu tindakan sistematis yang memerlukan beberapa langkah dan perawatan agar tetap beralan dengan baik, bukan sekali pasang terus di biarkan, bukan tetapi perlu perawatan agar tetap optimal. Bagaimana langkah-langkahnya om? Pertanyaan yang bagus nak, baik langsung kita bahas ya. Jadi gini, menurut teori yang dikemukakan Dave Davies (2013) SEO for google In fire “easy’ steps terdapat lima langkah antara lain :
1. On site SEO Basics,
2. Optimalisasi konten,
3. Offsite optimization (link building),
4. Optimasi media sosial
5. Memantau web / blog dengan google analytics,
Tahapan tersebut diatas didukung cara teknis untuk optimasi konten artikel agar SEO berhasil, menurut Teori Patil Swati P, Pawar B.V. & Patil Ajay (2013), SEO, A Study Research Journal of  computer and information teknologi science, vol. 1, no 1 antara lain :
a. Memakai ALT tag untuk gambar tujuan agar dapat di crawling (perayapan mesin pencari) agar terindeks di mesin pencari,
b. Memakai Anchor Tekx pada kata kunci di artikel,
c. Artikel minimal 300 kata, sebaiknya 1800 akan lebih maksimal
d. Presentasi keyword density 2% - 8 %
e. Meletakan kata kunci yang ingin di optimasi di URL
f. Optimasi kata kunci dengan tag header <h1>, <h2>, <h3>, dan <h4>
g. Konten harus original berkualitas dan unik (no copas)
h. Judul artikel yang menarik pada halaman,
i. Kata kunci yang akan di optimasi terdapat pada judul,
j. Memiliki inbound link yang berkualitas,
k. Optimasi dengan teknik on-site dari satu artikel ke artikel yang lain di blog yang sama,
l. Up date rutin konten yang unik, orisinal, dan menarik yang banyak orang mencari informasi tersebut.

Saya kita itu dulu pembahasan singkat tentang SEO agar memahami apa itu SEO, tidak lain dan tidak bukan adalah suatu cara yang sistematis, memerlukan beberapa langkah yang harus di fikirkan dan dianalisis agar mencapai hasil yang optimal, SEO merupakan salah satu cara meningkatkan visitor blog hingga 3000 perhari.

Bagaimana bisa hanya dengan SEO dapat mendapat visitor blog hingga 3000 perhari tentu anda harus menjalankan teknik yang cukup sulit ini antara lain hal pokok adalah anda harus memiliki 3000 konten (artikel) setiap artikel minimal 1800 kata dan tentu harus berkualitas tinggi dan unik berdaya saing (SEO Frienly), hahaha satu lagi pastikan kata kunci setiap artikel merupakan kata kunci yang memiliki jumlah pencari yang banyak setiap bulannya atau sedang tren, selain itu dengan SEO artikel anda harus tampil di halaman pertama jika orang-orang mencari kata kunci yang banyak diminati, nah sederhana bukan hehehe. Hanya saja apakah anda tekun melakukan itu atau menyerah begitu saja. Jika satu artikel dibaca 1 visitor saja maka jika semua artikel dibaca maka sudah memenuhi 3000 visitor, apalagi jika sati artikel dibaca 50 visitor tinggal kalikan saja 150 ribu wow bukan. Untuk mencapai itu semua butuh proses, pengetahuan dan ketekunan, jika anda menyerah ditengah jalan tidak ayal blog anda akan using dimakan waktu. Seperti saya sendiri yang malas bikin artikel apalagi 1800 kata dan analisis kata kunci yang cukup buat pening, boro-boro 3000 artikel 500 artikel aja belum, hehe tulisan ini salah satu bukti bahwa saya masih konsisten dan sebagai penyemangat mengurus blog-blog, salah satu penyemangat aladah salah satu atau beberapa artikel di blog saya setiap hari ada visitornya tekadang 50 terkadang 20 tekadang ada juga yang 1 visitor setiap hari, namun secara umum stabil setiap hari ada visitornya, namun sayangnya belum ada 3000 artikel yang seperti itu, doakan a gaes semoga kita dapat mewujudkan impian itu.
Cara lain untuk menambah visitor blog adalah dengan promosi di media sosial baik itu facebook, instagram, twiter, grub wa dan sebagainya, dengan membagikan artikel ke khalayak ramai atau teman-teman, cara ini menurut keterangan diatas merupakan bagian dari langkah-langkah SEO maka dari itu SEO merupakan pengertian yang luas. Kelemahan cara ini adalah kualitas traffic oleh google dianggap kurang berkualitas khususnya untuk program adsense.
Visitor artikel 30 hari

Selanjutnya saya hanya ingin bercerita berbagi pegalaman mengenai dunia blog, memang pada awalnya dari jaman SMA sudah menyukai dunia computer namun sayang pada waktu saya SMP dan SMA boro-boro pegang laptop computer PC saja masih jarang di sekolahan saya, baru pada waktu SMA ada computer yang dengan itu saya belajar word dan mengoperasikan secara sederhana computer pc. Setelah kuliah saya baru berkenalan dengan internet, untung pada waktu itu di sekitar kampus sudah ada rental computer untuk mengetik tugas-tugas kuliah, dan warung internet untuk berselancar mencari informasi di website / blog yang kala itu masih belum ada banyak pengawasan atau blokir memblokir sehingga banyak jika situs bisnis online yang saya tidak tau legal atau tidak yang pasti ada juga situs porno yang berkeliaran pada waktu itu sekitar tahun 2002 hingga 2006.
Sempat juga lupa tahun berapa pernah membuat blog sederhana yah buat hobi aja karena waktu itu belum tahun jaringan iklan yang menghasilkan duit, namum blog tersebut terbengkalai karena kesibukan didunia nyata, kalau ke warnet bukanya media sosial dan lihat-lihat blog orang yang menurut saya menarik. Hingga akhirnya pada tahun 2019 meniatkan diri untuk membangun suatu blog memang tujuan awalnya mencari penghasilan dari blog selain sebagai hobi, dan ternyata tidak mudah cari duit lewat blog jika visitor masih sepi, maka dari itu tulisan ini saya dedikasikan bagi pencari Rp. … yang tekun, dan bersabar, karena butuh berbulan bulan bahkan bertahun tahun untuk mencairkan duit dari online ini khususnya program adsense. Karena tidak kunjung cair maka buat hobi aja siapa tahu suatu saat visitor naik dan dapat menghasilkan namun tetap uang tujuan kedua setelah hobi, karena jika tujuan awal uang maka banyak bloger yang berhenti ditengah jalan karena tak kunjung dapat uang akirnya blognya tumbang.

Perkiraan saya sama dengan kebanyakan bloger yang memulai dari informasi online seperti blog ini, dari cara membuat blog hingga mencari traffic bahkan hingga cara mendaftar di program adsense google untuk memonetitasi blog, kenyataannya semua itu harus dilakukan secara profesional dan butuh biaya dan waktu serta menguras fikiran untuk mencapai penghasilan tersebut, jika dilakukan hanya kalau ada waktu luang dan tidak konsisten seperti saya maka hasilnya juga kurang memuaskan karena sebagai bloger disini saya mencari uang tetapi juga sebagai hobi, jika uang belum didapat maka saya mendapat hiburan begitu aja, dan suatu hari nanti saya yakin akan mencairakan uang dari blog dari program adsense lumayan buat nambah modal. Asikkk.

Untungnya dari beberapa blog, blog yang diterima adsense adalah blog gratisan blogcpot, maka tidak perlu biaya hosting maupun domain, hanya saja perlu biaya untuk menaikan traffic atau visitor, juga perlu modal pemikiran untuk membuat konten yang unik agar berkualitas dimata google. Ada beberapa blog yang dengan domain .com dan .online saya kira dengan berpindah domain akan ramai pengunjung eh… sama aja, jadi menurut saya untuk mendapat visitor itu ya pakai SEO itu, dengan konten, kata kunci, analisis kata kinci yang semua butuh tenaga dan pemikiran demi mencari konten yang SEO friendly.

Artikel cara meningkatkan visitor hingga 3000 perhari ini, merupakan salah satu usaha dan percobaan SEO apakah nantinya dapat mentumbangkan visitor organic setiap harinya atau hanya sekedar tulisan yang menjadi koleksi saja, semoga artikel ini bermanfaat ya gaes, dan memberi banyak manfaat khususnya bagi para bloger atau pemilik website.

Secara umum traffic harian menentukan penghasilan selain jumlah klik juga sangat menentukan, jenis akun adsens juga menentukan apakah ada bagi hasil dengan google atau tidak. Maka secara umum sumber traffic antara lain dari organic visitor (mensin pencari) sarat nya harus terindeks di mesin pencari, rujukan blog lain, media sosial, atau direct. 

Selain itu ada juga jasa meningkatkan visitor atau dengan beriklan secara online namun cara ini butuh banyak biaya dan visitor kurang berkualitas jika tidak pandai memilih (seperti pakai bot), ada juga jasa traffic yang aman  dari pelangaran adsense namun lagi-lagi butuh biaya, bisa jadi kalau dari iklan saja tidak cukup untuk menutupi biaya tersebut, maka cara yang terbaik adalah dengan konten yang berkualitas juga jumlahnya, tentunya di barengi dengan SEO yang baik juga.

Jadi kesimpulan yang memang belum 100% dapat dilaksanakan penulis untuk membuat blog yang berkualitas dan dapat menghasilkan maka langkah-langkahnya adalah dengan membuat blog dengan topic bahasan yang bermanfaat dan banyak dicari orang-orang, konten harus berjumlah banyak (3000 cukup) yang semua konten harus sudah terindeks minimal di google, jadi dengan langkah-langkah tersebut diatas saya yakin meski belum mempraktekan 100% karena masih dalah project yang berjalan, dengan teknis seperti itu akan mendatangkan visitor hingga 3000 visitor setiap harinya. Penghujung artikel ini terselip doa agar penulis dapat melaksanakan tulisan ini dan mencapai hasilnya pula, karena hingga saat ini konten dari blog penulis belum seganyak itu, karena memang butuh waktu dan pemikiran untuk membuat konten sebanyak itu, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar