Cara Dapat Duit Dengan Blog Gratisan Blogspot.com

 


        Siapa yang tidak ingin mendapat penghasilan pasif atau pasif income, dengan memiliki blog yang memenuhi syarat adsense dan memiliki traffic (pengunjung) yang banyak san stabil maka kita dapat mendapat uang setiap bulan dari google adsense. Dalam tulisan ini kami ingin membagi sedikit pengalaman bagaimana cara memonetisasi blog dengan program adsense daro google, sedikit panduan teknis untuk bloger pemula agar menghasilkan uang dari blog, karena penulis juga masih pemula sebagai bloger dan traffic blog (pengunjung) blog masih sedikit, kesempatan ini hanya membahas secara umum untuk memulai bagi bloger pemula. Bloger yang memakai hosting blogspot atau wordpres atau yang lain berpeluang mendapat penghasilan melalui program Google Adsense. Mari kita ulas beberapa tahap dari pengalaman kami cara cari duit dengan blogspot, mulai dari membangun blog untuk pertama kalinya penulis menggunakan subdomain blogspot dan dengan hosting blogspot. Dua penghitungan penghasilan Google Adsense, yang pertama per-impression (penghasilan berdasarkan jumlah page views yang di dapat setiap bulan) dan per-click (penghasilan berdasarkan jumlah klik pada iklan), klik iklan-pun memiliki nilai berbeda-beda menyesuaikan jenis iklan dan pengiklan juga niece (bahasan) blog yang kita miliki.

Google adsense adalah program periklanan online dari google diseluruh dunia dan telah bekerjasama atau membuka kantor cabang di beberapa Negara termasukIndonesia. Kantor pusat google adsense adalah di Amerika karena pemilik google adalah orang Amerika. Ada dua akun adsense yaitu adsense hosted dan non-hosted, kali ini akan membahas adsense hosted dengan platform blogspot, karena blogspot masih afiliasi dari google seperti juga youtube. Kelemahan adsense hosted adalah adanya bagi hasil antara bloger dengan adsense atau google.

Bloger dalam adsense diberi nama publiser di google adsense bloger bermitra dengan google menyesuaikan cabang sesuai daerah, dalam menentukan apakah blog sesuai ketentuan adsense atau tidak google adsense melakukan review atas blog yang diajukan, google berhak menerima atau menolak blog yang didaftarkan program adsen, bahkan google berhak menonaktifkan blog yang telah terdaftar dalam program adsense jika melanggar kebijakan, syarat dan ketentuan, pihak google selalu meninjau blog yang telah bermitra dengannya.

Berikut akan kita bahas langkah-langkah mengajukan blog terutama dengan platform blogspot ke program google adsense, selamat mempelajari dan mencoba :

I.    Membangun Blog

Sebelum mendaftar ke dalam hosting dengan sub domain blogspot ada baiknya mendaftar dulu di google, dengan memiliki akun google maka tidak perlu lagu menbuat id baru untuk mendaftar blogspot berikut langkah-langkahnya :

a.      Langkah pertama adalah masuk www.google.com ,  kemudian login jika sudah punya akun atau register jika belum punya akun,

b.      akun google atau email gmail maka isikan email dan password untuk login, namun jika belum silakan klik “buat akun”, (dua option pilihan akun dibut “untuk diri sendiri” atau “untuk pengelola bisnis saya”,

c.       Isi formulir sesuai keinginan anda sebaiknya sesuai KTP, simpan nama akun (user id) anda dan password untuk login.

·        mengisi nama lengkap anda dan pilihan nama email / akun anda,

·         mengisi biodata dengan benar,

·  setelah itu ada konfirmasi / verifikasi yang dikirim melalui sms, ketik kode verifikasi sesuai sms,

·         kemudian ada beberapa pilihan untuk stelan google anda boleh melewati atau ikuti,

·  setelah itu anda harus menyetujui privasi dan persyaratan yang ditentukan oleh google dengan meng klik “saya setuju” dengan beberapa pilihan stelan,

·   akun anda sudah jadi, langkah selanjutnya adalah menstel sesuai selera anda.

d.     Masuk akun blogspot

Langkah selanjutnya setelah memiliki akun google adalah membuat akun bloger dengan masuk website https://draft.blogger.com/about/ kemudian login dengan akun google yang telah di buat tadi diatas. Jika anda telah memiliki akun google maka anda otomatis memiliki akun bloger blogspot karena satu akun google untuk semua layanan yang diselengarakan google, sehingga cukup login menggunakan akun google untuk mengakses blog blogspot.

e.   Memilih domain

Untuk membuat blog dengan blogspot anda diminta mengisi alamat blog anda, silakan pilih nama situs atau blog anda, contoh “politeaindonesia “ maka akan muncul www.politeaindonesia.blogspot.com. Namun ingat, karena ada banyak pengguna maka sering nama blog anda tidak tersedia, sehigga anda harus memilih nama yang tersedia.

f.     Membuat konten di Blog

Setelah anda memiliki blog di blogspot.com langkah selanjutnya adalah membuat konten untuk mengisi blog tersebut. Pastikan isi dari konten adalah orisinal bukan kopi paste atau meniru alias plagiat dari orang lain, karena google menganggap tidak ada konten jika konten tersebut plagiat atau tidak orisinil. Pilihlah konten yang unik dan belum ada atau masih jarang ditemukan di internet dan banyak orang ingin mencari info tentang hal tersebut agar peluang pengunjungnya lebih banyak.

g.   Merawat Blog

Merawat blog adalah merapikan blog agar tampilan nya menarik dan membuat betah pengunjung, selain itu juga mencari traffic atau pengunjung situs, karena apalah arti sebuah blog tampa pembaca. Untuk meningkatkan performa blog anda, anda dapat memasang Google webmaster tool dan google analytic untuk mendukung blog agar dapat muncul di mesin pencari google, sehingga meningkatkan peluang traffic anda, semakin banyak pembaca blog semakin bagus untuk menunjang pendaftaran adsense yang nantinya akan berpengaruh pada pendapatan anda.

 

II.  Mendaftarkan Blog Ke Adsense

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog di program adsense, perlu diperhatikan sebelum mendaftarkan blog ke program adsense harus memastikan bahwa  blog telah sesuai ketentuan dan kebijakan adsense. Umur blog dan isi konten juga tampilan traffic akan jadi pertimbangan tim adsense untuk memutuskan menerima blog nda di program adsense atau menolaknya. Tenang, jika blog anda ditolak anda bisa memperbaiki blog anda sesuai kebijakan adsense kemudian mendaftar lagi di program adsense.

Adapun langkah langkah mendaftar adsense adalah sebagi berikut :

1.    Buka situs google kemudian klik di mesin pencarian dengan kata adsense. Setelah itu masuk ke laman adsense dan klik daftar.

2.    Kemudian isi URL situs anda misal : https://politeaindonesia.blogspot.com

3.    Isi formulir berupa email dan lain lain.

4.    Klik Simpan dan lanjutkan,

5.    Muncul Pilihan “Continue In Blogspot.com” atau “Gunakan URL yang Berbeda”

6.    Sebaiknya menggunakan Blogspot yang sama, dan login ke blogspot anda untuk mengaitkan blogspot dengan adsense.

7.    Mulai mengkaitkan Blog anda dengan adsense  melalui login adsense / blogspot dan tunggu penyiapan oleh google

8.    Cek Blog atau email yang di daftar di adsense anda setelah beberapa hari untuk melihat apakah adsense menerima blog anda di program adsense atau belum diterima karena ada yang harus diperbaiki dalam blog anda yang belum sesuai dengan ketentuan dan kebijakan adsen.

Selamat mencoba dan jika sudah diterima di layanan adsense rajin-rajinlah mengatur tata letak iklan anda dan jaga pengunjung anda (traffic) tetap setia atau meningkat, karena jumlah pengunjung dan jumlah klik mempengaruhi pendapatan anda di adsense.

Sebelum mendaftar ada baiknya secara umum kriteria blog yang diterima adsense, Kriteria Blog Yang Diterima Google Adsense :

Menjadi bloger terkadang suatu yang menyenangkan apalagi bagi para pecinta dunia internet, selain media sosial bisa juga membuat blog untuk menyalurkan unek-unek dan hobi menulis. Selain sebagai hobi dapat juga sebagai pekerjaan sampingan lho, jika pengunjung blog (website) lumayan banyak yah paling tidak 5.000 visitor / hari website – lah bisa menghasilkan duit. Berikut kurang lebihnya syarat blog yang diterima adsense :

·         Konten orisinil adalah hal yang harus dimiliki bloger, tidak boleh kopi-paste dari blog atau website orang lain.

·         Konten yang menarik pengunjung / pembaca blog, hal ini berkaitan dengan jumlah pengunjung blog setiap harinya (traffic blog), semakin banyak yang membuka blog anda adsense semakin suka.

·         Blog anda memiliki keunggulan dari konten anda agar pengunjung terus berinteraksi dan mendorong untuk membaca lebih lanjut, sediakan kolom komentar, usahakan tampilan blog menarik pembaca, agar pembaca betah membacanya.

·         Blog atau halaman anda memiliki navigasi yang jelas dan mudah digunakan, navigasi adalah alat untuk mencari konten yang ada di blog anda dengan mengetik kata kunci, atau menu yang tersedia di blog anda agar pembaca dapat mencari artikel dengan cepat di blog anda.

·         Konten anda harus mematuhi kebijakan adsense berdasarkan syarat dan ketentuan anda dapat mencari apa saja syarat dan ketentun tersebut di mesin pencari google.

·         Jumlah konten yang memadai, sebisa mungkin setiap artikel minimal 1800 kata, original bukan hasil  kopi paste, kalau perlu kata kunci diminati oleh pembaca, kalau jumlah artikel tidak ada kepastian tetapi 25 sudah cukup untuk sebagian blog namun 100 artikel kemungkinan ebih baik, dengan ketentuan sesuai kebijakan adsense,

·         Tautkan Blog di google analytic dan console search google, kedua tool tersebut sebagai sarana melihat traffic anda dan dapat sebagai bahan analisa,

·    Sediakan halaman mengenai disclaimerabout me (tentang kami), Privacy Policy (kebijakan privasi), hubungi kami (contac).

·                        Traffic banyak dengan SEO atau cara lain, karena jumlah traffic menentukan penghasilan.

·         Tapilkan menu report abusse (lapor penyalahgunaan).

·                 Ada pendapat umur blog minimal 6 bulan, umur blog 6 bulan tidaklah harus karena ada juga beberapa blog kurang dari 6 bulan sudah diterima adsense.

   Diatas adalah berdasar hasil belajar dan baca-baca blog tentang adsense mengenai cara dan kriteria blog yang sesuai kebijakan google adsense, kurang lebih seperti diatas namun terkadang kebijakan adsense menyesuaikan keadaan sehingga lebih akurat lebih lanjut dapat dibaca di ketentuan google adsense yang dapat anda cari dengan mesin pencari google.

0 Komentar