Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengais Cuan dari POLA CUP AND HANDLE PATERM DALAM TRADING SAHAM

Pola Cup And Handle dalam trading saham merupakan salah satu analisis teknikal, analisis teknikal sebagai alat bantu dalam memutuskan kapan membeli saham dengan harapan dalam waktu dekat harga akan naik beberapa persen dari modal kita, kemudian kita jual saat harga sudah naik (dipucuk). Analisis teknikal ada banyak pola dan teori, misal sistem Moving Average (MA), juga pola-pola grafik tertentu yang diyakini memiliki pengaruh terhadap harga saham nantinya karena pola investor yang dianggap selalu berulang, namun tetap saja yang namanya prediksi dari analisis masih memiliki peluang untuk salah.

Pola cup and handle sendiri sebaiknya di gabungkan dengan teknik yang lain agar lebih menyakinkan, karena terkadang terlihat pola cup and handle tapi ternyata bukan (tidak akurat), menurut beberapa pakar trading saham pola ini terbentuk membutuhkan waktu beberapa bulan tidak bisa hanya beberapa hari saja, sedangkan untuk menyandingkan dengan analisis lain sebagai contoh disandingkan dengan teknikal support dan resisten, dimana setelah membentuk pola cup maka untuk memastikan harga naik maka perlu menembus harga resisten (break out) terlebih dahulu baru memutuskan beli, karena bisa saja setelah membentuk pola cup namun gagal menembus resisten terdekat sehingga harga malah turun lagi ke support, sehingga gagal membentuk pola cup and handle. Namun ada catatan jika saham tersebut gorengan atau dimainkan Bandar analisis apapun sering meleset karena semua tergantung Bandar jika bandarnya kuat.

Baca Juga :

Mengenai istilah cup and handle sendiri diambil dari namanya cup (mangkuk) pola membentuk mangkuk sedangkan handle adalah pegangan, jadi pola cup and handle dapat dikatakan pola mangkuk dan peganggan. Pola ini diawali pola grafik menurun kemudian beberapa bulan di titik support kemudian naik lagi sesuai periode saat turun hingga mencapai level awal kemudian harga akan turun lagi untuk membentuk pola handle (pegangan) untuk beberapa hari atau minggu sehingga sebagian orang akan mengira bahwa saham ini akan membentuk pola down tren lagi (bisa jadi) namun ada kemungkinan akan naik ketika kembali harga resisten dan menembus resisten (break out), kemungkinan harga akan naik untuk beberapa hari atau minggu diselinggi koreksi wajar hingga mencapai level resisten terbaru.

Namun tetap ingat trading plan masing-masing jika harga semakin turun apakah akan stop los atau tetap menunggu harga kembali naik dengan average down atau tetap ditahan karena fundamental bagus meski menunggu cukup lama, jika pola cup and handle gagal menembus resisten kemungkinan harga akan turun lagi semakin dalam lagi apalagi dibarengi kondisi ekonomi global yang sedang gonjang-ganjing dan news yang buruk, namun tak selamanya saham turun pasti ada kalanya akan kembali naik.

Pola cup and handle ini tidak hanya digunakan dalam trading saham tetapi juga trading yang lain yang menggunakan grafik dalam menganalisa, karena secara teori menusia memiliki kecenderungan respon yang sama terhadap pola perilaku masa lalu, atau manusia sering mengulang pola-pola tindakan yang sama terhadap kejadian yang sama, grafik merupakan kejadian naik turunnya harga suatu saham atau barang tertentu, sehingga pola-pola harga akan cenderung membentuk pola yang sama dari waktu ke waktu, namun ini hanya teori dan tidak selalu benar, namun dapat menjadi alat bantu dalam memutuskan jual-atau beli saham. Pola cup and handle ini sebaiknya digabung dengan teknis analisa teknikal yang lain agar lebih akurat, dan setiap orang memiliki kemampuan menganalisa yang berbeda-beda, sehingga setiap orang dapat menilai berbeda dari suatu grafik saham. Tulisan ini hanya opini dari penulis segala keputusan investasi ditangan masing-masing dan segala kerugian menjadi tangung jawab masing-masing, kalau untung boleh dibagi-bagi hehehe.

Baca Juga :

Sekedar cerita pada bulan Mei 2021 kemarin, ane menganalisis (cie coba-coba) melihat pola pergerakan cadle saham PT. TIMAH Tbk (TINS) membentuk pola cup (mangkok) dari beberapa bulan yang lalu hingga Mei 2021 kemarin, ane lihat grafik cekung membentuk cup, setelah membentuk resisten baru dan turun dari hari ke hari ternyata gagal membentuk handle (pegangan) meski sudah sempat menghijau beberapa hari bursa namun akhirnya hampir menyentuh support lagi dan hingga awal Juni 2021 ini belum menjebol resisten yang diharapkan. Jadi dari kejadian ini dapat juga pola cup and handle gagal terbentuk sehingga membentuk pola-pola yang lain, selain pengaruh analisis teknikal yang menggerakan para trader, perkembangan ekonomi juga berpengaruh juga harga komoditas timah juga mempengaruhi harga saham TINS ini, news juga berperan penting dalam mempengaruhi harga saham ini.

Setelah di awal tahun ini TINS menyentuh harga tertinggi sejak 10 tahun terakhir, sebab ada kabar-kabar dari perusahaan TESLA yang memasukan TINS dan ANTM menjadi rantai produksi TESLA, meski kabar tesebut masih samar-samar para investor sudah berbondong-bondong memborong saham tersebut, khusus TINS harga hingga menyentuh 2.500 yang sebelum nya tahun 2020 harga dibawah 1000, sekitar 800 dan saat ini berkisar 1500 hingga 1600 an apakah akan mengulang kembali ke atas atau kembali ke bawah? Menurut analisa pribadi saya jika TINS dapat breakout menjebol resisten 1930 maka saya rasa akan menuju ke 2000 an, dan kita tunggu keadaan pasar semoga saja ekonomi stabil dan pulih, apalagi ada good news lagi tentang TINS berkaitan dengan TESLA. Semua tulisan diatas hanya sekedar pendapat bukan saran investasi atau sejenisnya, hanya menyampaikan pendapat segala untung rugi dari informasi diatas menjadi tanggung jawab masing-masing. Disclaimer on.

Analisis dan alat bantu seperti pola cup and handle merupakan bahan analisis, maka setiap analisis tidak selalu benar, karena selalu ada faktor X yang mempengaruhi harga saham, jadi ingat tetap pilih saham-saham yang berfundamental bagus selain menggunakan analisis teknikal gunakan juga analisis fundamental, sekian pendapat dari saya ada salah atau benar mohon maaf, sekalilagi pilih sahan syariah ya gaes semoga berkah. Analisa teknikal saham Analisa teknikal saham Analisa teknikal saham Analisa teknikal saham Analisa teknikal saham Analisa teknikal saham Analisa teknikal saham Analisa teknikal saham Analisa teknikal saham Analisa teknikal saham Analisa teknikal saham. Analisa fundamental Analisa fundamental Analisa fundamental Analisa fundamental Analisa fundamental Analisa fundamental Analisa fundamental Analisa fundamental Analisa fundamental. Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news  Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news Faktor news  Faktor news Faktor news Faktor news  Faktor news Faktor news. Cup and handle Cup and handle Cup and handle Cup and handle Cup and handle Cup and handle Cup and handle.

Posting Komentar

0 Komentar